Pages

MALU SAMA RUMAH SIPUT


Uhm, kenapa judulnya gitu ya? hehehe 
Sebenarnya itu hanya kalimat perias aja sih, bumbu pemanis kata biar tulisan diblog ini menarik hahahaha. Enggak ada maksud apapun untuk menuntut Allah memberikan ku banyak rezeki agar bisa membeli rumah ataupun menuntut suami (eh calon suami) biar ngusahin beli rumah sendiri. Enggak ada bermaksud kok hehehe

Aku cuma pengin rutin menulis aja, dan yang ada di otak ku saat ini topiknya tentang rumah. Mungkin gara-gara kangen rumah Probolinggo :'( dan pengin tau perkembangan rumah keluargaku saat ini yang dalam proses pembangunan gara-gara tergusur pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo.

Dan apa yang akan aku bahas saat ini? ya, bahasannya ringan aja, rancangan arsitektur rumah sederhana idamanku hehe. Yak jadi kurang lebih aku pengin rumahku minimalis, dan sederhana saja, tidak mencolok, tapi rapi dan sehat hehe. Akan aku deskripsikan perbagian sisi rumah yang menurutku oke (bagiku, belum suami eh calon suami eh emang siapa? hahaha)

1. Tanaman di teras rumah
Kenapa harus ada tanaman? ya, biar ada kerjaan tiap hari nyiramin :p hahahaha bercanda. Aku punya alasan logis soal tanaman. Ada beberapa jenis tanaman yang pasalnya bisa menyerap racun, membersihkan dan menyegarkan udara dari zat-zat yang berbahaya.
Beberapa tanaman hias yang ingin kurawat dirumah idamanku nanti diantaranya : 
hanjuan (daun tanaman ini memiliki anti bakterial sehingga memiliki kemampuan menyerap racun yang sangat tinggi yang bersumber dari plafon rumah), lidah mertua (sebuah penelitian membuktikan bahwa lidah mertua dapat menyerap racun yang terkandung dalam asap rokok serta radiasi peralatan elektronika). Itu baru salah satunya sih, masih banyak tanaman yang hias yang pengen aku tanam dan bermanfaat banyak bagi kesehatan keluarga kecilku nanti hihihi.

2. Pintu menghadap samping
Kenapa aku pengen pintunya menghadap samping? sederhana saja tapi anti mainstream hehehe. Buat masuk pintu surga aja butuh pengorbanan seumur hidup. Nah berhubung banyak pepatah bilang rumahku surgaku, aku jadikan pintu rumahku seperti pintu surga, sukar ditemukan ahahahaha asdfghjkl :D

3. Teras rumah
Yak, sepertinya diperlukan teras rumah sekitar 20x20 meter lah kira-kira, buat tempat keset aja sih, dan tempat tamu yang nungguin
diluar rumah kalau kebetulan seisi rumah nggak denger ketokan pintu dari tamu hahaha. Jadi diteras rumah cuma ada keset sama dua kursi dan satu meja kecil, ya juga bisa lah buat nongkrong ngirup udara segar dipagi hari hehehe. Dan selain itu diteras rumah ada pembatas dinding disamping yang menghalangi penglihatan orang hahaha. Sebenernya niatnya nggak menghalangi, itu dinding pendukung poin ke dua aja (biar pintu rumah sempurna tersembunyi wakakaka) dan biar ada gunanya dikit, dikasih tanaman hias gantung kayak anggrek, dan lain-lain. Kan cantik jadinya hehe.

4. Ruang tamu
Ruang tamu yang ada dipikiranku belum sempurna tersusun, mungkin hanya ada kursi tamu dan meja tamu. Ah yang ini sepertinya manut yang punya hajat nafkahin aku #eaaak hahaha

5. Tiga kamar tidur
Menurutku tiga kamar tidur itu sudah cukup buat rumah sederhanaku. Ya, satu kamar untukku dan suami (yang sekarang masih calon), satu kamar untuk buah hati (aamiin) hehe, satu kamar lagi untuk kamar tamu. Kenapa tamu juga disediakan kamar? karena tamu yang datang ke rumah kami itu siapa tau orang tua atau mertua. Nah masak mereka tidur di sofa? nggak mungkin kaaaan huhuhu. Dan lagi kalau ada temen alumni yang mau nginep di rumah, nggak mungkin juga tidur desek-desekan satu kamar. Ya jadi itu, tiga aja nggak papa, kalo punya rejeki lebih boleh nambah kok :p hehehe. Kamar-kamar tidur itu akan diletakkan di samping dapur, samping ruang keluarga, dan samping ruang tamu.

6. ruang kerja suami
hehe, kenapa harus ada ruangan ini ya? entahlah, mungkin aku terlalu takut ngejailin kesibukannya hahaha (siapa suamimu heeeeeh -,-)

6. Ruang keluarga dan ruang makan
Nah ruang keluarga dan ruang makan aku jadikan satu. Kenapa? karna sudah pengalaman sejak kecil ruang makan hanya digunakan disaat-saat tertentu saja. Jadi dari pada mubadzir tempat, mending dipake buat kepentingan lain. Dan lagi ruang keluarga dan ruang makan yang aku banyangkan itu tidak memiliki kursi, yap jadi lesehan. Kenapa lesehan? karena selain mempererat hubungan kekeluargaan, dari hasil penelitian duduk bersila dapat membantu kita untuk mengontrol ruang pada perut , yaitu 1/3 untuk air, 1/3 untuk makanan dan 1/3 untuk udara. hehehe pola makan sehat, hidup sehat, semua aktifitas lancar :)

7. Kamar mandi, dapur dan musholla
Aku menuliskannya di satu poin bukan berarti tiga-tiganya berada diruang interior yang sama hehehe, iya kali sholat sambil nyium aroma masakan, masak sambil nyium aroma sabun campur aduk deh hahaha. Bukan gitu, bukan gitu, aku letakkan di satu poin karena tiga-tiganya berada di sederet baris bagian rumah paing belakang. Nah menurutku letaknya sudah strategis tinggal diberi skat-skat ruang yang menghalangi aroma dari masing-masing ruang hehehe biar ga salah fokus men. Dan lebih rinci dari masing-masing ruangan menyesuaikan kantong suami hahaha aku nggak muluk muluk kok :D

Jadi, kurang lebih design keseluruhan seperti ini hehehe




Btw, siapa yang nulis tulisan diatas ya? geje banget, nggak ada kerjaan, norak.

Aduuh maafin aku yaaaa, ini hanyak menjalankan janji ke bang tere liye aja, udah janji mau rajin nulis tiap hari. Harus dipaksakan agar terbiasa, meskipun nggak mood. Dan semoga besok dapetin ide topik yang lebih menarik dan susunan bahasa yang lebih oke. Dan berhubung aku bukan anak arsitek, melainkan anak teknik informatika, maafkan atas kelancanganku terhadap hayalan tingkat tinggi yang nggak bisa aku kendalikan hehe. Yang penting nulis, lama kelamaan pasti bisa nerbitin karya yang bermanfaat aamiiin :)
Stop wishing, start writing hehehe 

                                               ---- sekian ----   

fitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

Instagram